Minggu, 25 Desember 2011

Akhirnya Manjat Juga

    Setelah dua kali gagal melakukan pemanjatan di tebing ini,di kawasan wisata curug sewu,Patean,kendal,Jawa Tengah,akhirnya pada minggu 25 november 2011,terlaksana juga keinginan yang dua kali sempat tertunda. Pertama karena hujan yang terus mengguyur kota ini dan kendala alat yang belum ada (maklum masih pinjam)haha
   kegiatan diawali pada pagi jam 8,saya mempersiapkan perbekalan untuk pemanjatan, sepatu,chalk bag,minum, dan beberapa makanan kecil saya masukkan ke dalam daypack, kemudian berangkat menuju ke rumah salah satu teman saya yang ingin memanjat juga tentunya bukan berjualan,hehe.
   Setelah sampai di rumah teman saya, kami segera mempersiapkan alat pemanjatan kernmantle,runner,webbing,prusik, dan beberapa alat lain sembari menunggu beberapa teman lain yang juga ingin mengikuti kegiatan pemanjatan kali ini. Setelah semua berkumpul dan alat sudah siap,kami segera berangkat menuju tebing Sarang Pembangkang yang berada di kawasan wisata alam CUrug Sewu yang berada di kecamatan patean, kendal, jawa tengah. . perjalanan kami tempuh kurang lebih 15menit perjalanan dengan sepeda motor,dan kurang lebih 4 jam perjalanan jika motornya di dorong bukan di naiki..hee
   setelah sampai di curug sewu,kami segera memarkirkan motor, dan perjalan menuju tebing lewat jalan setapak yang dikelilingi sawah dan kebun warga. setelah sampai, kami segera melakukan pemanasan dan memasang beberapa peralatan. Pemanjatan diawali oleh salah satu teman saya,dan kami menggunakan jalur ke dua, karena hanya ada tiga jalur di tebing ini,karena memang tebingnya tidak terlalu tinggi dan lebar,dan dua jalur lain sudah ada beberapa pengaman yang copot karena patah termakan usia. Pada pemanjatan ini terasa berat,karena posisi tebing yang miring ke depan atau overhang, dan karakter batu yang terasa sangat pedas di tangan,dan beberapa teman hanya sampai di pengaman kedua dari top atau puncak jalurnya. Setelah 2 teman saya melakukan pemanjatan,giliran saya untuk mencoba, tali saya pasang di webbing, dan sepatu saya pakai ,bukan saya lempar....hee, pemanjatan dimulai, pada tahap awal memang sedikit mengalami kesulitan,karena pegangan yang lumayan kecil dan licin. Setelah naik sekitar 1,5 meter dari dasar,terdapat tempat untuk beristirahat dan melemaskan tangan,karena posisi batu yang menonjol dan bisa untuk duduk dan pegangan yang enak. Di titik inilah kita bisa mempersiapkan tenaga untuk tahap selanjutnya untuk melakukan pemanjatan dengan posisi tebing overhang dan cara berpijak dan pegangan sama yang ada di jalur poster citatah, dan disinilah beberapa teman saya gagal melanjutkan jalur ini. Saya terus berusaha naik dan mencari pijakan untuk menambah ketinggian,dan saya harus cepat melewati titik ini karena disinilah tenaga akan terkuras, namun sayang,say terlalu lama berada di titik ini dan karena tangan yang sudah tidak kuat dan menahan pedasnya batu ini,akhirnya tangan terlepas dari tebing, dan sangat disayangkan karena tiinggal 1,5 meter dari tempat terakhir berpijak,disitulah puncak jalur ini. dan beberapa kali saya mencoba dan terjatuh, karena kondisi yang lemas,dan pengaruh sakit pada luka telapak tangan akibatterjatuh di awal pemanjatan pada percobaan kedua. Namun begitu jalur ini sangat menyenangkan dan menegangkan untuk di panjat,apalagi ketika kita akan turun,karena posisi tebing yang overhang,ayunan saat terjatuh sangat kencang,ditambah ada beberapa pohon di depan tebing yang siap menghadang kita.

Behind the Climbing
pada pemanjatan kali ini sangat menyenangkan,karena diwarnai dengan kejadian lucu saat pemanjatan,
kejadian pertama adalah ketika saya membelay teman saya yang mempunyai berat lebih dari saya,dan saat teman terjatuh,tubuh saya tertarik ke depan dan akhirnya justru terangkat ke atas. Kejadian kedua adalah adik dari teman yang berusia sekitar 9 tahunan. pada saat melakukan pemanjatan, dia takut dan memutuskan untuk turun dari ketinggian satu meter, dan saat turun,dan bergantung di tali, dia berayun ke arah pohon yang berada di depan tebing dan menabrak pohon tersebut.
   

1 komentar:

  1. hahaseeek...
    manjat teruus sampe ganteeng
    kui simon karo adike po ?
    wisnu melu ra ?

    BalasHapus