Selasa, 20 Desember 2011

Citatah 125

Berawal dari Sms teman dari universitas lain yang sedang melakukan pengembaraan Rock Climbing dan pelatih juga mengajak memanjat di tebing citatah 125 saya pun membulatkan tekat untuk berangkat menuju citatah 125 dan menyusul rekan-rekan pemanjat yang sudah berada disana lebih dahulu. Malam sebelum hari H saya mendapat sms dari pelatih dan mengajak untuk ikut memanjat di tebing citatah 125, dan pelatih sudah berada disana selama 7 hari saya pun merasa panas dan ingin mencoba tebing yang baru pertama kali saya menginjakkan kaki di tebing ini,tebing Citatah 125. Seperti namanya citatah 125,tebing ini memiliki tinggi 125 m dan kurang lebih terdapat 80 jalur sport. malam sebelum keberangkatan,saya mencoba mengajak beberpa teman untuk menyusul pelatih kami yang sudah berada disana,dan hanya ada satu orang yang bersedia,karena yang lain terbentur dengan adanya kegiatan lain, akhirnya kami sepakat berangkat berdua pada keesokan harinya dan berangkat pada sore hari. Namun,pada keesokan harinya,teman saya ada acara yang tidak bisa di tinggal,akhirnya saya hanya berangkat sendiri. perjalanan saya mulai dengan membawa perbekalan yang sudah di persiapkan,baju ganti,makanan, dan beberapa alat panjat yaitu carabiner,figure eight, chalk bag, dan sepatu panjat lokal kesayangan saya...haha

perjalanan saya mulai dengan naik angkot menuju ke stasiun,kemudian sampai di stasiun, menuju loket tiket untuk membeli tiket kereta lokal bandung-padalarang seharga Rp.1000. tiket yang sangat murah. kurang lebih 1 jam perjalanan,saya tiba di padalarang,kemudian naik angkot arah rajamandala menuju tebing citatah 125. setelah 1 jam tepatnya pukul 18.00 lebih (lupa jam.a),saya tiba di tebing citatah 125. dan bertemu dengan pelatih. wowwww...inilah kesan pertama saya melihat tebing kapur yang menjulang tinggi. ini pengalaman pertama saya melihat tebing setinggi ini (maklum pemain baru... hee). hasrat untuk mencoba tebing ini semakin menjadi opada diri saya,tapi sayang,hari usdah gelap,dan pemanjatan baru akan dilakukan besok. kemudian kami menuju rumah di dekat tebing citatah 48 dan menginap di rumah seorang teman pelatih.
keesokan harinya tiba,pagi-pagi kami segera bersih-bersih dan menyiapkan peralatan pemanjatan. setelah siap,kami berangkat menuju ke ebing 125, perjalanan kurang lebih 15 menit dari citatah 48. sampai di citatah 125,kami segera menuju di kaki tebing. banyak kesan saya dapat dari tebing ini, jebnis batuan yang berbeda dengan di gunung batu, dan jalur yang sangat banyak dan berfariasi dengan grade yang berbeda. Tidak lama membuang waktu,kami melakukan pemanasan untuk melakukan pemanjatan sport. setelah selesai,perlengkapan saya pakai, dan sebagai orang yang pertama ke citatah 125 dan pemanjat pemula,saya mencoba jalur yang di tunjuk pelatih yaitu jalur rock n roll. Sungguh berbeda karakteristik batunya, pada batu kapur ini,kaki terasa licin untuk berpijak,sehingga cukup kesulitan. setelah lolos jalur rock n roll dengan beberapa kali percobaan tentunya, saya mencoba jalur lain dengan kesulitan yang menurut saya berat. dan pada detik terakhir di sore sebelum pulang,saya mencoba jalur poster beberapa kali. Jalur ini memang benar-benar membutuhkan teknik, dan saya belum tembus untuk jalur ini,beberapa kali saya mencoba, dan sama,kesulitan ada pada pijakan kaki yang licin dan pegangan tangan yang lumayan susah sampai tangan saya berdarah. Tapi walaupun sampai berdarah-darah,sungguh pengalaman luar biasa bisa memanjat di jalur ini.